ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)
MTS KELAS VII SEMESTER GASAL
Disusun untuk memenuhi Tugas pada mata kuliah
Analisis Sejarah kebuayaan islam yang diampu oleh Drs. Syamsudin M.Si
Mata pelajaran Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam
Mts Kelas VII semester gasal.
Di Susun Oeh :
Anggi
Edi Susandi
Fajarudin
Erna Setyaningsih
Harsono
FAKULTAS AGAMA ISLAM
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( TARBIYAH)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
REGULER 2009
RENCANA PEMBELAJARAN (RPP)
BAB I
Nama Sekolah : MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI
Mata Pelajaran : Sejarah kebudayaaan islam
Kelas / Semester : 1 Gasal.
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit.
Standar Kompetensi : Memahami Sejarah kebudayaan islam.
I. KOMPETENSI DASAR
· Menjelaska pengertian kebudayaan islam.
· Menjelaskan tujuan dan manfaat sejarah kebuudayaan islam.
Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan islam.
II. INDIKATOR
· Menjelaskan awal sejarah kebudayaan islam.
· Menjelaskan sebab- sebab terlahirnya kebudayaan islam.
· Menyebutkan manfaat setelah mempelajari kebudayaan islam.
· Menjelaskan bentuk-bentuk kebudayaan islam
· Menyebutkan contoh -contoh kebudayaan islam pada masa islam sekarang..
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian kebudayaan islam dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab terlahirnya kebudayaan islam dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan bentuk- bentuk kebudayaan islam.
· Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kebudayaan islam .
· Siswa bisa menceritakan awal sejarah kebudayaan islam.
IV. MATERI AJAR
· Tonggak sejarah kebudayaan islam mts untuk kelas VII.
V. METODE BELAJAR
· Demontrasi
· Resitasi,
· Diskusi dan Penugasan.
VI. SUMBER BELAJAR
· Buku Panduan Belajar Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 Untuk Kelas VII MTS, terbitan PT.TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI: Solo.
· CD kisah-kisah sejarah kebudayaan islam.
· Kertas panel untuk bahan diskusi.
·
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.Kegiatan Awal.
1. Siswa membaca pengertian sejarah kebudayaan islam, tujuan dan manfaat sejarah kebudayaan islam
2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5 – 10 menit dengan membaca Al-Quran.
3. Guru menjelaskan materi secara singkat yang akan di pelajari dengan kompetensi dasarnya.
4. Guru menjelaskan secara singkat langkah langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti.
Dalam kegiatan inti, Guru dan siswa melakukan kegiatan sebagai berikut;
1. Eksplorasi.
· Siswa membaca pengertian Sejarah Kebudayaan Isla,Tujuan dan manfaat SKI.
· Siswa menulis pengertian Sejarah Kebudayaan Isla,Tujuan dan manfaat SKI.
· Siswa melihat tayang sejarah kebudayaan islam melalui layar LCD.
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai tujuan dan manfaat sejarah kebudayaan islam.
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai bentuk atau wujud kebudayaan islam.
· Siswa berdiskusi tentang Sejarah kebudayaan islam.
· Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain..
2. Konsolidasi Pembelajaran.
· Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
· Guru memotifasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
· Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
· Siswa melengkapi catatan yang kurang
C. Kegiatan Akhir.
1. Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2. Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3. Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran ang telah dan akan diajarkan.
.6. Guru menutup / mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa membaca kalimat hamdalah secara bersama-sama.
7. Guru mengucap salam dan siswa menjawan serentak.
VIII. PENILAIAN
Pembahasan mengenai Penilaian meliputi tiga hal yaitu tes lisan, tes tertulis, dan test perbuatan.
a.Test lisan
Setiap siswa diminta untuk untuk memaparkan secara kilas mengenai pengertian kebudayaan islam, tujuan dan bentuk kebudayaan islam.
b. test tertulis
- Guru memberikan soal tetulis sesuai dengan standar kompetensi.
- Guru menganjurkan setiap siswa membuat artikel tanggapan mengenai Sejarah Kebudayaan islam.
Wonosari,01 November 2011
Mengetahui
Kepala sekolah Guru mapel
Sejarah Kebudayaan Islam
Tri YuswantoS.Pd Wagimin S.Ag
RENCANA PEMBELAJARAN (RPP)
BAB II
Nama Sekolah : MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI
Mata Pelajaran : Sejarah kebudayaaan islam
Kelas / Semester : 1 Gasal.
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit.
Standar Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah.
I. KOMPETENSI DASAR
· Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad Saw, sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat .
· Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw, sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang.
· Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam menghadapai masyarakat mekkah.
II. INDIKATOR
· Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw.
· Menjelaskan sebab- sebab misi Nabi Muhammad Saw.
· Menyebutkan ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw.
· Menjelaskan cara cara dalam misi Nabi Muhammad Saw
· Menyebutkan contoh -contoh misi Nabi Muhammad Saw .
· TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa diharapkan dapat menjelaskan Nabi Muhammad Saw dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab misi Nabi Muhammad Saw dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw.
· Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kebudayaan islam .
· Siswa bisa menceritakan awal misi Nabi Muhammad Saw
· Siswa dapat mengenal Nabi Muhammad Saw lebih dekat
· Siswa dapat mencintai Nabi Muhammad Saw
· Sisa dapat nencontoh misi Nabi Muhammad Saw.
III. MATERI AJAR
· Tonggak sejarah kebudayaan islam mts untuk kelas VII.
IV. METODE BELAJAR
· Demontrasi
· Resitasi,
· Diskusi dan Penugasan.
V. SUMBER BELAJAR
· Buku Panduan Belajar Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 Untuk Kelas VII MTS, terbitan PT.TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI: Solo.
· CD kisah-kisah sejarah kebudayaan islam.
· Kertas panel untuk bahan diskusi.
VI. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.Kegiatan Awal.
1. Guru member salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan doa secara bersama sama.
2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5 – 10 menit dengan membaca Al-Quran.
3. Guru menjelaskan materi secara singkat yang akan di pelajari dengan kompetensi dasarnya.
4. Guru menjelaskan secara singkat langkah langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti.
Dalam kegiatan inti, Guru dan siswa melakukan kegiatan sebagai berikut;
3. Eksplorasi.
· Siswa membaca memahami sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah.
· Siswa menulis memahami sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah.
· Siswa melihat tayang sejarah Nabi Muhammad Saw melalui layar LCD.
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai tujuan dan misi Nabi Muhammad Saw .
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai bentuk misi dan ibrah Nabi Muhammad Saw.
· Siswa berdiskusi tentang Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah.
· Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain..
4. Konsolidasi Pembelajaran.
· Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
· Guru memotifasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
· Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
· Siswa melengkapi catatan yang kurang
C. Kegiatan Akhir.
1. Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2. Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3. Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran ang telah dan akan diajarkan.
.6. Guru menutup / mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa membaca kalimat hamdalah secara bersama-sama.
7. Guru mengucap salam dan siswa menjawan serentak.
VII. PENILAIAN
Pembahasan mengenai Penilaian meliputi tiga hal yaitu tes lisan, tes tertulis, dan test perbuatan.
a.Test lisan
Setiap siswa diminta untuk untuk memaparkan secara kilas mengenai pengertian Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah.
b. test tertulis
- Guru memberikan soal tetulis sesuai dengan standar kompetensi.
- Guru menganjurkan setiap siswa membuat artikel tanggapan mengenai Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah..
Wonosari,01 November 2011
Mengetahui
Kepala sekolah Guru mapel
Sejarah Kebudayaan Islam
Tri YuswantoS.Pd Wagimin S.Ag
RENCANA PEMBELAJARAN (RPP)
BAB II
Nama Sekolah : MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI
Mata Pelajaran : Sejarah kebudayaaan islam
Kelas / Semester : 1 Gasal.
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit.
Standar Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode Madinah.
VIII. KOMPETENSI DASAR
· Mendeskripsikan sejarah nabi saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan .
· Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw, sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang.
· Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam menghadapai masyarakat madinah.
IX. INDIKATOR
· Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw di kota madinah
· Menjelaskan sebab- sebab misi Nabi Muhammad Saw di kota madinah.
· Menyebutkan ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw di kota madinah.
· Menjelaskan cara cara dalam misi Nabi Muhammad Saw di kota madinah.
· Menyebutkan contoh -contoh misi Nabi Muhammad Saw dan para sahabat di kota madinah.
· TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa diharapkan dapat menjelaskan sejarahNabi Muhammad Saw dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan sebab-sebab misi Nabi Muhammad Saw di madinah dengan benar.
· Siswa dapat menjelaskan ibrah dari misi Nabi Muhammad Saw di madinah.
· Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kebudayaan islam di madinah.
· Siswa bisa menceritakan awal misi Nabi Muhammad Saw ketika di madinah.
· Siswa dapat mengenal Nabi Muhammad Saw lebih dekat
· Siswa dapat mencintai Nabi Muhammad Saw
· Sisa dapat nencontoh misi Nabi Muhammad Saw.
X. MATERI AJAR
· Tonggak sejarah kebudayaan islam mts untuk kelas VII.
XI. METODE BELAJAR
· Demontrasi
· Resitasi,
· Diskusi dan Penugasan.
XII. SUMBER BELAJAR
· Buku Panduan Belajar Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 Untuk Kelas VII MTS, terbitan PT.TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI: Solo.
· CD kisah-kisah sejarah kebudayaan islam.
· Kertas panel untuk bahan diskusi.
XIII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.Kegiatan Awal.
1. Guru member salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan doa secara bersama sama.
2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5 – 10 menit dengan membaca Al-Quran.
3. Guru menjelaskan materi secara singkat yang akan di pelajari dengan kompetensi dasarnya.
4. Guru menjelaskan secara singkat langkah langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti.
Dalam kegiatan inti, Guru dan siswa melakukan kegiatan sebagai berikut;
5. Eksplorasi.
· Siswa membaca memahami sejarah Nabi Muhammad Saw periode madinah.
· Siswa menulis memahami sejarah Nabi Muhammad Saw periode madinah.
· Siswa melihat tayang sejarah Nabi Muhammad Saw di kota madinah melalui layar LCD.
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai membangun masyarakat melauli kegiatan ekonomi dan perdagangan di madinah .
· Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai bentuk misi dan ibrah Nabi Muhammad Saw ketika di madinah.
· Siswa berdiskusi tentang Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode mekah samapi kemadinah.
· Siswa memberikan laporan tentang hasil diskusi kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain..
6. Konsolidasi Pembelajaran.
· Guru mengamati semua kegiatan siswa yang sedang berdiskusi.
· Guru memotifasi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.
· Guru memberikan tambahan penguatan keterangan jika dibutuhkan siswa dan jika masih ada kekurangan.
· Siswa melengkapi catatan yang kurang
C. Kegiatan Akhir.
1. Para siswa memasang hasil diskusi yang sudah disempurnakan pada papan pajangan.
2. Para siswa dianjurkan untuk membuat portofolio siswa guna menyimpan dokumen penting dari hasil pembelajaran.
3. Guru meminta kepada siswa agar selalu mempelajari pelajaran ang telah dan akan diajarkan.
.6. Guru menutup / mengakhiri pelajaran dengan mengajak para siswa membaca kalimat hamdalah secara bersama-sama.
7. Guru mengucap salam dan siswa menjawan serentak.
XIV. PENILAIAN
Pembahasan mengenai Penilaian meliputi tiga hal yaitu tes lisan, tes tertulis, dan test perbuatan.
a.Test lisan
Setiap siswa diminta untuk untuk memaparkan secara kilas mengenai pengertian Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode madinah.
b. test tertulis
- Guru memberikan soal tetulis sesuai dengan standar kompetensi.
- Guru menganjurkan setiap siswa membuat artikel tanggapan mengenai Memahami Sejarah Nabi Muhammad Saw periode madinah..
Wonosari,01 November 2011
Mengetahui
Kepala sekolah Guru mapel
Sejarah Kebudayaan Islam
Tri YuswantoS.Pd Wagimin S.Ag
KRITISI HASIL ANALISI DARI BAB I SAMPAI BAB III
Di dalam mengkritisi bahan buku ajar sejarah kebudayaan islam kelompok kami ingin memaparkan hasil analisis buku tonggak sejarah kebudayaan islam 1 untuk Mts kelas VII sebagai berikut:
KELEBIHAN | KEKURANGAN
|
Di dalam buku tonggak sejarah kebudayaan islam untuk kelas VII Mts semester gasal yang di terbitkan oleh PT.TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI: Solo, terdapat kamus kecil. Guna untuk mempermudah siswa siswi di dalam memaknai kata kata yang sukar untuk di pahami.
| Terlalu menekankan asfek kognitif |
Terdapat suplemen pembahasan tokoh sejarah kebudayaan islam, suplemen ini membantu siswa siswi kelas VII dalam menambah wawasan mengenai tokoh sejarah kebudayaan islam, baik sekali tentunya mungkin dengan suplemen ini yang di beri nama “ ahlak karimah” bias menumbuhkan ahlak yang baik sesuai dengan tokoh sejarah islam, dan juga dapat membangun karakter yang baik.
| Dalam pembahasan kurang meruncing (lengkap) pembahasan terlalu sedikit dan ngirit. |
Pada buku ini terdapat juga rangkuman atau ulasan di akhir pembahasan, rangkuman ini membantu siswa siswi dalam meng follow up pelajaran yang di terimanya sehingga bisa mengingatkan untuk menghafalnya.
| Di dalam bab I Cuma terdapat petikan atau referensi al-quran, kurang untuk menguatkan kisah sejarah pada siswa siswi kelas VII. |
Evaluasi (Cukup menguji siswa dalam soal soal pilihan ganda dan essay) | Tidak adanya gambar yang bisa membuat siswa untuk tertarik dalam membaca buku sejarah kebudayaan islam.
|
| Memang terdapat kamus kecil namun saying terletak di tengah pokok pembahasan seharusnya di akhir pembahasan.
|
| Singkatnya penjelasan dalam menjelaskan sub sub judul, sehingga siswa tidak banyak mengetahui dari makna atau isi pembelajaran sejarah islam ini.
|
| Seharusnya untuk sejarah kebudayaan islam kelas VII Mts lebih ter porsi dengan baik dalam memberikan bahan pelajaran
|
REKOMENDASI
Setelah Kelompok kami menganalisis buku ajar tongak sejarah kebudayaan islam 1 untuk Mts kelas VII dari Bab I sampai dengan Bab III Merekomendasikan bahwa memang Untuk di jadikan bahan acuan pelajaran bagi kelas VII cukup baik dan dapat di terima namun adakalanya mencantumkan dari apa yang kelompok ini sebutkan diatas . Buku ajar ini sebenarnya mudah di cerna / di tangkap dalam arti pemahaman cumin kurang pembahasannya saja. Demikianlah hasil analisis yang dapat kelompok kami paparkan adapun di dalam meganalisis terdapat kekurangan kelompok kami mohon maaf yang sebesar besarnya. Kritik dan saran yang sifatnya membantu untuk penugasan berikutnya kelompok kami sangat mengharapkannya.
KATA PENGANTAR
Asssalamualaikum Wr.Wb
Segala puji bagi Allah Swt yang telah melimpahkan rahmatnya,Sholawat serta salam semoga di limpahkan kepada Rasulullah Saw.Penyusun bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberikan hidayah dan taufiknya sehingga kami dapat menyelesaikan Analisis materi sejarah kebudayaan islam ini guna memenuhi tugas mata kuliah Analisis Materi Sejarah Kebudayan Islam yang di ampu oleh Drs.Syamsudin M.Si. adapun di dalam menganalisis terdapat kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam memaparkan analisis ini kami mohon maaf yang sebesar besarnya.
Wassalamualaikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar