Kamis, 17 November 2011

Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah

Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah


by. flickr mellyana

Mulai awal tahun ajaran 2012 mendatang, kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Ikwanuddin mewajibkan seluruh sekolah di Palangka Raya menerapkan pendidikan karakter. Program ini diharapkan dapat mencegah meningkatnya perilaku kenakalan remaja di kalangan pelajar.

Pendidikan karakter itu bertujuan menjadikan generasi siswa yang unggul dan tangguh serta mempunyai daya saing, dengan memberi pelatihan budi pekerti dan keagamaan yang baik kepada siswa," kata Ikwanuddin, Jumat (21/10/2011).

Penyusunan kurikulum dalam rangka pendidikan karakter yang difokuskan pada kewirausahaan dan ekonomi kreatif dengan pendekatan belajar aktif pada satuan pendidikan rintisan, sudah dilakukan pada bulan Juli lalu di Palangka Raya. "Saat ini sudah ada delapan sekolah percontohan pelaksanaan program pendidikan karakter. Sekolah-sekolah tersebut adalah TK Pembina, SDN 4 Menteng, SDN Percobaan, SLBN 1, SMP 2, SMA 2, SMK 3 dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)," katanya.

Ia mengharapkan para guru sebaiknya memberikan contoh yang baik terlebih dahulu sebelum menerapkan pendidikan karakter, agar tidak menjadi sia-sia belaka, tambahnya. "Mulai sekarang kita harus memberi contoh terlebih dulu kepada mereka agar pendidikan karakter yang diterapkan pada anak menjadi lebih mudah.

Kami menilai, program pendidikan karakter sangat tepat diterapkan di sekolah sebagai penyaring arus globalisasi dan kemajuan teknologi," ujarnya. Oleh sebab itu, guru harus dapat memberikan materi dan menyisipkan pendidikan karakter dan budi pekerti, adat istiadat, budaya daerah dan sopan santun untuk diajarkan di sekolah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar