Minggu, 13 November 2011

Keluarga dan Pendidikan Karekter Berbasis Islam

Keluarga dan Pendidikan Karekter Berbasis Islam

 

Persentase angka kejadian seks bebas remaja di lima kota besar Indonesia menempatkan Surabaya sebesar 54% sebagai peringkat pertama, Medan 52%, Jakarta dan Bandung 47% (BKKBN 2010).

Jangan heran atau terkejut dengan fakta yang disampaikan di atas. Seyogyanya ketika kita berbicara masalah peradaban maka kita tidak akan pernah terlepas dari generasi muda sebagai tonggak dari sebuah peradaban. Bagimanakah Islam memandang pentingnya generasi muda dalam membanganu peradaban? Mari kita tengok bagaimana Rasulullah memberikan contohnya pada kita. Rasulullah SAW secara jelas memberikan contoh konstruksi peradaban islam di sebuah kota kecil yang bernama Madinah. Madinah secara bahasa berasal dari kata “Madaniyah” atau “Tamaddun” yang berarti “Peradaban”. Madinah telah mengajarkan kita bahwa untuk membangun sebuah peradaban islam, diperlukan sebuah role model kehidupan islami yang diperankan oleh sekumpulan masyarakat yang bernama Masyrakat Madani.

Pada fase awal risalah dakwahnya, Rasulullah SAW memulai membangun masyarakat madani dengan membentuk pribadi muslim yang shaleh dan shaleha. Pribadi generasi muslim yang kuat, akan berefek pada terbentuknya sebuah keluarga muslim yang kuat pula, sehingga bisa dikatakan kunci dasar terbentuknya masyarakat madani terletak pada kokohnya pondasi dasar penyususun sebuah tatanan masyarakat yang sering kita sebut dengan nama keluarga.

Dalam konteks kekinian, fakta dilapangan masih jauh dari cita-cita membentuk peradaban Islam. Hal tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi penurunan fungsi dan peran keluarga dalam membangun generasi muslim islami. Padahal Ali bin Abi Thalib dan Ibnu Abbas radhiyallahuanhuma telah mengingatkan kita akan pentingnya  tarbiyah atau pendidikan dalam sebuah keluarga. “Berikan pendidikan, ajarilah dengan ketaatan kepada Allah, serta takutlah dari kemaksiatan. Didiklah anggota keluargamu dengan dzikir yang akan menyelamatkan dari api neraka.” Pendidikan dalam keluarga menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan generasi-generasi unggul masyarakat madani.

Salah satu point penting dalam pendidikan keluarga dalam membangun generasi islami adalah pendidikan karakter bebasis islam. Pendidikan karakter islam adalah islam adalah sebuah metode pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian muslim dengan dasar nilai-nilai keislaman. Pendidikan karakter memerlukan proses jangka panjang yang harus dimulai sejak dini secara bertahap dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar